Kamis, 03 Februari 2011

Perbedaan Bandwidth dengan Speed?

Hallo bro n sist, cm maw sharing ilmu sedikit tentang perbedaan Bandwidth dengan speed pada jalur internet atau dalam dunia komputasi karena bandwidth juga digunakan untuk sinyal radio, transmisi, TV broadcast, dan line telepon biasanya dalam ukuran Hz(hertz). Pertanyaan ini muncul ketika saya bekerja di salah satu perusahaan telekomunikasi di Jakarta sebagai call center untuk penanganan gangguan. Hampir setiap hari permasalahan yang muncul dari customer adalah speed yg didapat tdk sesuai dengan bandwidth yang disewa. Hal ini muncul karena kurang mengertinya customer tentang layanan yg mereka sewa.
OK! pelan-pelan kita pelajari apa itu bandwidth dan speed.

1. Perhitungan Bandwidth dan Speed

Dalam arti yang sukar dicerna orang awam bandwidth dalam jaringan Komputer sering digunakan sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate yaitu jumlah data yang dapat dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (pada umumnya dalam detik). Jenis Bandwidth ini biasanya diukur dalam bps (bits per second). Adakalanya juga dinyatakan dalam Bps (bytes per second). Suatu modem yang bekerja pada 57,600 bps mempunyai Bandwidth dua kali lebih besar dari modem yang bekerja pada 28,800 bps. Secara umum, koneksi dengan Bandwidthyang besar/tinggi memungkinkan pengiriman informasi yang besar seperti pengiriman gambar/images dalam video presentation.
Mengerti?? kalau tidak, kita coba dengan kasus yang sering jd masalah.
Seandainya anda berlangganan internet untuk game sebesar 1 Mbps dengan kecepatan 1 Mbps downstream dan 256 kbps upstream. Sekarang mulai berhitung, banwidth udah 1 Mbps kan? 
sekarang d share ke 10 PC termasuk operator.
Kecepatan suatu jaringan biasanya menggunakan satuan "bit".

-Megabit= 1000000 bit
-1 Mbps = 1000000 bit/second
-1 Byte = 8 bit

Dengan demikian kecepatan download 1Mbps mempunyai arti yang sama dengan 1000 Kbps/8 = 125. Dalam keadaan yang ideal sekali barulah pengguna akan mendapatkan kecepatan download sebesar 125 KB/Sec dan kecepatan 80 KB/Sec terntu sudah sangat bagus dan bisa di terima dengan akal sehat. Nah karena dalam kasus ini bandwidth d share ke 10 PC maka 125/10= 12,5 KB/Sec untuk satu PC. Hal yang masuk akal bukan?

2. Logika Lebar Pipa dan Kecepatan Air yang Mengalir

Jika kita berpikir logika agar mudah dicerna, anggap bandwidht sebagai lebar pipa dan speed kita anggap kecepatan air yang mengalir. Misal lebar pipa adalah 100 Liter/1 detik maka Bandwithnya 100 Liter/Detik dan Speed maksimalnya 100Liter Per detik. Tetapi belum tentu yang Air yang lewat itu 100 Liter/Detik setiap saat bisa cuma 50 Liter, bahkan 10 Liter atau mungkin 75 liter tapi maksimal Speed tetep 100 liter/Detik. dan banyaknya air yang lewat ya tergantung banyak hal contoh kebutuhan pelanggan, peak time (jam rame pengguna), atau masalah lainnya. Maka dari itu, jangan mencari warnet yang rame kalau mau  speed yg cepet.

3. Kenapa kemarin kecepatan download cepet sekarang jadi lelet?

itu sudah biasa terjadi kalau warnet tidak menggunakan route. Atau sering saya sebut bandwitdh lepas, yang di ibaratkan air kran di masjid, siapa duluan dia yang dapat banyak air.Jadi kalau anda mendapatkan saat download lelet, jadi bersabar saja, karena anda kurang beruntung.


Bagaimana bro n sist, udah ngerti kan knapa bandwidht dan speed itu berbeda? apapun itu, internet di indonesia sangat dibutuhkan dan sangat dibutuhkan setiap hari oleh hampir semua orang. Kalau masih belum jelas tanya mbah google yahh...
Makasii...

4 komentar: